Siswa MAN 1 Gunungkidul Semangat Jelajahi Sejarah dalam Lawatan Sejarah

Wonosari (MAN 1 Gunungkidul) - Semangat untuk mempelajari sejarah bangsa tampak jelas pada raut wajah empat siswa MAN 1 Gunungkidul saat mengikuti kegiatan Lawatan Sejarah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin hingga Rabu (10-12/06/2024) di Hotel New Saphir Yogyakarta. Lawatan ini diselnggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY.

Lawatan Sejarah tahun 2024 ini bertema “Merawat Ingatan melalui Situs Bersejarah Kebudayaan Hindu-Budha dan Masa Awal Islam di DIY”. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memperkuat pemahaman tentang sejarah Indonesia.

Dalam lawatan kali ini, para siswa mendapatkan materi  mengenal sumber Sejarah dan teknik penulisan Sejarah, mengenal situs Hindu-Budha-Islam di DIY. Kegiatan ini diakhiri dengan outing ke Candi Banyunibo, Masjid Gedhe Mataram Kotagede, Kompleks Sendang Seliran Kotagede, Kompleks Watu Gilang dan Watu Gantheng Kotagede.

Salah satu siswa, Enggar Wuri mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan ini. "Saya senang sekali bisa mengikuti lawatan sejarah ini. Saya jadi lebih banyak tahu tentang sejarah Indonesia dan merasa bangga menjadi bagian dari bangsa ini," ujarnya.

Kepala MAN 1 Gunungkidul, Kholis Muhajir, S.Ag.,M.S.I. mengapresiasi kegiatan Lawatan Sejarah ini dan berharap agar dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun. "Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat bagi para siswa. Oleh karena itu, kami akan terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan seperti ini," ujarnya.”Lawatan Sejarah MAN 1 Gunungkidul ini merupakan contoh nyata bagaimana sekolah dapat berperan aktif dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memperkuat pemahaman tentang sejarah Indonesia kepada para siswanya,” tambahnya.(thr)

 

Share this Post